[Fixed] Can't Add Contact iPhone (Kontak iPhone Error tidak bisa diedit)

Sore~

Kali ini saya akan memberikan sedikit tips berguna bagi pengguna iPhone yang memiliki kesulitan atau masalah dengan contact (kontak) yang tidak bisa menambah, menghapus, dan mengedit kontak. Dalam kasus kali ini, iPhone saya tidak bisa melakukan hal-hal yang disebutkan tadi dikarenakan saya sempat bermain dengan file AddressBook.sqlitedb karena ingin merestore kontak-kontak lama saya. Tetapi alhasil, hal ini tidak berhasil dan dampaknya adalah contact iPhone mengalami crash sehingga tidak bisa menambah, menghapus dan mengedit kontak. :hammer:

Sempat pusing tadinya, saya mencoba beberapa cara tetapi tidak berhasil, nah, setelah berusaha lumayan lama, akhirnya saya menemukan metode saya sendiri, hehe. Oia, perlu diingat yah, yang saya bahas hanya yang berkaitan dengan kasus yang saya alami.


Oke, kita mulai saja yah penjelasannya. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk memperbaiki contact iPhone pada metode saya.

1. iPhone yang sudah ter-Jailbreak dan diinstalkan openssh karena dalam kasus ini saya bermain dengan file AddressBook.sqlitedb

2. Microsoft Outlook (berguna untuk menyimpan / back up kontak lama-mu yang ada di iPhonemu)

3. iTunes versi diatas iTunes 9 (yang terbaru lebih baik, berguna untuk sinkronisasi kontak iPhone ke PC)

3. iPhone Folder, WinSCP, Filezilla atau program apapun yang berguna untuk ssh dari PC ke iPhone.


Langsung saja kita mulai kalau begitu tutorialnya :D
Pertama,  jika kondisinya iPhonemu sudah memiliki kontak yang sudah ada (existing contact) tetapi kamu tidak bisa menambah, mengedit dan menghapus kontak tersebut, maka jangan panik, kita coba perbaiki.

1.Colokkan iPhone dan buka iTunes
2.
Klik iPhone mu > Info > Checklist Sync Contact With : Outlook > Pilih All Contact


3. Masih dibagian Info, scroll hingga bagian bawah lalu liat bagian Advanced (Ingat, jangan centang bagian ini, jika kondisinya checklist, maka uncheck) >> Setelah itu pilih Sync  :linux2:



 

4. Jika sudah disinkronisasi, selanjutnya buka MS.Outlook untuk memastikan apakah kontak dalam iPhone sudah tersinkronisasi atau belum. Jika sudah, proses selesai, jika belum, ulang dari langkah pertama. :confused:

5. Setelah membackup kontak di dalam iPhone, saatnya kita menuju file utama masuk melalui iPhone Folder untuk menuju file system dari iPhonemu. Masuk ke direktori sesuai gambar di bawah :



 

Lalu, Delete file AddressBook.sqlitedb (LAKUKAN BACKUP TERLEBIH DAHULU !!! BARU DELETE )

 

6. Selanjutnya, kembali ke proses nomer 2 dan 3, tetapi kali ini pada bagian nomer 3 centang pilihan Contact Untuk mentransfer kembali file contact yang tersimpan ke dalam iPhone.

7. Seharusnya sekarang iPhonemu sudah bisa menambah, menghapus dan mengedit kontak lagi :D


Semoga berhasil :beer:

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##