Permalinks not working in Apache2 Ubuntu

:selamat

Howdy teman-teman sekalian, sudah lama, lama sekali saya tidak membuat postingan di blog tercinta lantaran sangat sibuk dengan kegiatan di kampus.

Langsung aja, seperti biasa, semua masalah yang pernah saya hadapi tentunya akan saya tuliskan kembali disini biar gak lupa. Yup, pagi-pagi coba menginstall wordpress di komputer server lab, ternyata ada sedikit error pada permalink ketika saya menginginkan permalink saya berupa nama postingan yang sudah saya buat.

Bingung yah maksudnya ? :cystg
Nih, misalnya saya membuat wordpress (WP) di 10.4.51.2 nah, setting default permalink WP adalah http://10.4.51.151/?p=123 dimana tampak tidak begitu indah atau akan sulit bagi kita jika sewaktu-waktu ingin mencari alamat tersebut. Nah, disini saya ingin mengubah postingannya menjadi http://10.4.51.151/home misalkan, kalau dilihat dari strukturnya lebih indah bukan ? dan lebih mudah saat kamu ingin mencari alamatnya dibanding struktur sebelumnya.
Permasalahannya adalah jika kamu menginstall WP di komputer lokal alias komputer pribadi, kamu tidak akan bisa mengubah permalinknya langsung, karena memang ada beberapa permission dan file yang harus dibuat dahulu sebelum permalinknya dapat digunakan. Jika kamu tetap memaksa, pada akhirnya akan terjadi EROR 404. Namun, jangan khawatir karena saya sudah berhasil menemukan solusinya dari beberapa refrensi terpercaya.   :metal:

Oke, kita mulai saja langkah-langkahnya (sebagai catatan, saya menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu dan Apache2 *bukan LAMPP* sebagai web server saya) :

1. Buatlah sebuah file .htaccess secara manual di direktori utama WP-mu lalu save filenya2. Masuk ke dalam terminal atau konsol Ubuntu  lalu ketikkan
sudo chown -v :www-data "/enterYourFilePathHere/.htaccess"

Hilangkan tanda petiknya. Komen diatas bertujuan untuk mengubah file-ownership menjadi  www-data (Apache2)


3. Berikan Apache akses untuk write sebuah file :
sudo chmod -v 664 "/enterYourFilePathHere/.htaccess"

4. Selanjutnya kita harus memberikan izin kepada WP untuk menulis file .htaccess dengan mengaktifkan mod_write di server Apache2. Ketikkan komen berikut di terminal :
sudo a2enmod rewrite

5. Restart Apache dengan perintah
sudo /etc/init.d/apache2 restart

6. Setelah itu masuk ke Admin WP mu, lalu pilih tab Settings > Permalinks Pilih metode penulisan permalink yang kamu inginkan  :iloveindonesias Jangan lupa klik tombol save changes

7. DONE ! Sekarang cek Pages atau Postingan apakah sudah berhasil atau belum, jika belum berhasil, maka ada beberapa settingan yang harus dikonfigurasi lagi  :berbusa:

 




Tambahan : Jika masih belum berhasil, ada beberapa konfig yang harus disetting lagi  :linux1:

1. Coba edit file /etc/apache2/sites-enabled/000-default
nano /etc/apache2/sites-enabled/000-default

2. Ganti semua komen AllowOverride None menjadi AllowOverride All. Lalu save.

 


Selamat Mencoba, semoga berhasil yah :beer

Post a Comment

1 Comments

  1. [...] Copas : http://rifkiputra.com/portal/permalinks-not-working-in-apache2-ubuntu/ Posted in Linux SHARE THIS Twitter Facebook Delicious StumbleUpon E-mail ← [...]

    ReplyDelete

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##