Tips Mencegah Pencurian Password Online

Setelah tahu beberapa kasus virus SPAM ataupun kasus pencurian akun facebook untuk keperluan yang tidak baik. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menanggulangi masalah ini. Kebetulan saya mempunyai bebrapa trik dan tips yang bisa kamu gunakan untuk menghindari pencurian akun jejaring sosial ataupun akun apapun yang kamu miliki.

Beberapa tips yang mungkin bisa berguna untuk menghindari atau mengurangi resiko tercurinya akun-mu :army:

Ketika berbicara tentang keamanan, berarti bisa berupa penipuan, virus, dan hacking yang dapat menginfeksi komputer atau mengambil alih akun jejaring sosialmu dan mengakibatkan banyak gangguan bagi kamu dan teman-temanmu.

Keamanan bukan hanya masalah yang sering terjadi di dunia web, oleh karena itu kita perlu menyadari tentang dunia online, dan belajar bagaimana melindungi account dan komputer yang kamu punya.

Berikut adalah beberapa cara untuk menjadi cerdas dan sadar di sosial network dan di Internet:  :cystg

  • Jangan klik link atau membuka lampiran dalam email mencurigakan. Jika email tampak aneh, tidak percaya, dan menghapusnya dari kotak masuk Anda segera.



  • Berhati-hatilah saat kamu akan memasukkan passwordmu. Hanya karena halaman di Internet terlihat seperti Facebook atau situs lain kamu dengan mudah memasukkan passwordmu ke dalam kolom loginnya, ini adalah trik "phising" yang digunakan oleh hacker-hacker. Periksa address bar di browser mu, dan belajar untuk membedakan antara URL yang baik dan yang buruk. Jika kamu pernah memiliki keraguan tentang legitimasi link, cukup ketik URL situs web (misalnya, http://www.facebook.com) ke address bar.



  • Curigai setiap email atau pesan yang berisi permintaan mendesak atau meminta kamu untuk memperbarui informasimu atau memberikan informasi baru.



  • Curigalah terhadap email atau pesan yang berisi salah eja atau penggunaan tata bahasa yang buruk, terutama jika mereka dari seseorang yang biasanya menulis dengan baik.



  • Pastikan web browsermu up-to-date dan dilengkapi dengan anti-phishing contoh blacklist.



  • Pastikan kamu memiliki software keamanan yang up-to-date yang komprehensif pada komputermu yang meliputi anti-virus, anti-spyware, anti-phishing, dan firewall.



  • Pastikan kamu mengaktifkan fitur update otomatis sistem operasimu.



  • Pastikan kamu telah mengaktifkan fitur pertanyaan keamanan dan jawabannya untuk account onlinemu. Hal ini akan berguna jika kamu pernah kehilangan akses dan perlu untuk membuktikan siapa dirimu. Biasanya setiap situs besar seperti facebook, email-email seperti yahoo, gmail, dll memiliki fitur ini sebagai pengaturan keamanannya.



  • Jangan berbagi password dengan siapa pun. Jangan lakukan itu. Layanan online yang paling terkemuka tidak akan pernah meminta passwordmu melalui segala bentuk komunikasi.



  • Gunakan password yang berbeda untuk berbagai akun onlinemu. Jika kamu menggunakan password yang sama di mana-mana, dan password itu dicuri, maka kamu bisa kehilangan akses ke semua accountmu sekaligus.



  • Gunakan password yang kompleks yang tidak dapat mudah ditebak. Hindari kata-kata umum, dan memastikan password Anda minimal delapan karakter dan termasuk modal dan huruf kecil, angka, dan simbol.



  • Ingat bahwa apa yang kamu share dengan teman-temanmu di akun jejaring sosial, jangan sembarangan berbagi informasi atau hal lainnya, sebaikknya pilihlah orang-orang yang dapat dipercaya untuk berbagi. Pikirkan sebelum kamu memposting, terutama jika informasi yang sensitif atau pribadi di media online.



  • Berhati-hatilah saat menggunakan jaringan public yang tidak kamu kenal, tetap waspada dan jangan gampang lengah dengan keadaan yang tidak mengancam



  • Yang paling penting adalah tetap jaga informasimu tetap terjaga, jangan sampai lengah mengumbar semua informasi pribadimu seperti email, nomer telepon, alamat rumah, hobi dan lainnya, karena hal-hal seperti ini yang biasa dianggap sepele dapat menjadi bumerang bagi dirimu sendiri, terutama dalam kasus phising.

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##