Menghilangkan Server Signature [Server Apache]

:malu2 :malu2

Langsung saja, mungkin kali ini adalah sebuah percobaan singkat dari saya, saat saya sedang bermain dengan sebuah web server yang sederhana yang saya bangun. Permasalahannya sebenernya terletak pada info server, seri Apache ,php dan lainnya yang dipakai dalam web saya yg berbasis LAMPP yang terlihat dengan jelas saat akan mengakses file sharing dalam web saya. Mungkin menurut teman-teman ini adalah hal yang sepele, padahal sebenarnya ini adalah hal yang paling mengancam dalam dunia server yang sesungguhnya, karena dari SERVER SIGNATURE pada file sharing orang-orang jahat dunia cyber atau biasa kita sebut "hacker" bisa saja menggunakan info-info yang kita kira tak berguna atau sepele tersebut untuk menyerang server kita :army:


Nah, tampilannya akan terlihat seperti ini sebelum kita menghilangkan SERVER SIGNATURE





Nah, informasi yang diberikan olehe server signature sangatlah rentan, oleh karena itu, saya menyarankan untuk menghilangkan tulisan tersebut demi keamanan juga demi keindahan, hehe :metal:
Bagaimana caranya ?

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan, saya akan memberikan beberapa tips yang berguna untuk menghilangkan server signaturenya. :ngacir2
>> Menggunakan cara edit file /etc/apache2/apache2.conf

sudo nano /etc/apache2/apache2.conf

tekan Ctrl+w untuk mencari "ServerSignature" dan tekan Enter. Kamu akan menemukannya, edit menjadi :
ServerSignature Off
ServerTokens Prod

Jika kamu tidak menemukannya, taruh saja kedua script di atas pada bagian akhir dari apache2.conf

Kalau sudah selesai mengedit, jangan lupa untuk merestart / mereload si Apache server kita tadi untuk mendapatkan efeknya :matabelo:
sudo /etc/init.d/apache2 reload

Sekedar info saja, mungkin bagi teman-teman yang menginstall apache secara bundle (LAMPP), biasanya apache2.conf tidak ada, jadi kamu harus mengedit httpd.conf yang terletak pada folder LAMPP caranya seperti mengedit file apache2.conf
/opt/lampp/htdocs

Jika sudah melakukan step-step di atas, insyaALLAH server signature pada webmu akan hilang, hihi, tapi bagi yang belum berhasil jangan berkecil hati dulu, karena ada cara lainnya lagi kok :P DISINI

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##