Sedikit Minum sebabkan Bau Urine Tak Sedap

Bau urin dapat menjadi indikator kondisi tubuh. Ada beberapa penyebab bau menyengat air seni dan bau, salah satunya adalah kurang minum dan dehidrasi.Kebanyakan wanita sering kali merasakan bau yang kuat, tajam, menyengat dan membusuk pada urine. Jika hanya terjadi beberapa kali, mungkin hanya pengaruh makanan yang dimakan (seperti petai atau jengkol), tetapi jika bau urine berkepanjangan, bisa mengindikasikan masalah kesehatan yang membutuhkan perhatian (nah, hati2 yah kalau sudah bau terus, hehe).


Ada banyak penyebab bau yang kuat dalam urin yang biasanya dapat diobati dengan menggunakan pengobatan rumah sederhana. Beberapa penyebab bau urine adalah konten amoniak yang berlebihan dalam urine-mu. Kurang minum dan dehidrasi adalah penyebab paling umum untuk bau urine yang menyengat (kadang juga urine berwarna kuning pekat lho). Air memegang peranan yang sangat penting untuk fungsi tubuh normal. Jika Anda berolahraga secara teratur atau terlibat dalam pekerjaan fisik yang berat, jangan lupa untuk minum cukup air minimal 2 liter per hari untuk menggantikan cairan yang hilang melalui keringat. Bila tidak minum cukup air, kondisi ini dapat mengurangi kandungan air dalam urine dan meningkatkan konsentrasi, warna dan bau pada urine. Hal ini disebabkan kandungan amoniak meningkat.
Selain kurang minum dan dehidrasi, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan bau dalam urin, terutama pada wanita, yaitu:

Infeksi saluran kemih
Alasan lain dari bau urine adalah infeksi saluran kemih. Setiap wanita memiliki infeksi saluran kemih paling tidak sekali dalam seumur hidup mereka. Kondisi ini cukup mudah didiagnosis dan diobati.
Infeksi vagina
Infeksi vagina juga dapat menyebabkan bau pada urine. Sebenarnya bau itu berasal dari vagina. Jadi sering bau urine disertai denhan menyebabkan terbakar dan gatal di vagina.
Obat atau makanan
Kadang-kadang makanan atau obat-obatan tertentu bertanggung jawab untuk bau urine tidak baik. Misalnya, asparagus atau pisang adalah salah satu makanan yang menyebabkan bau busuk dalam urine.

Juga, jika kamu makan banyak obat untuk gangguan tubuh atau telah mengambil beberapa vitamin atau suplemen kesehatan lainnya. Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan bau yang kuat dalam urine. Nah, bagaimana ?? Lumayan menambah pengetahuan kan ?? Semoga bermanfaat :)

dikutip dari perfect health

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##