Google's Doodle

Apakah kamu tahu apakah yang dimaksud dengan Doodle ?? Haha, saya yakin kamu masih bingung dan aneh dengan istilah doodle. Doodle adalah sebuah gambar unik/coretan yang bertemakan seperti kartun. Nah, kenapa saya bahas doodle ? Karena saya tertarik akan Google Doodle. Google Doodle adalah tampilan logo si raksasa Google yang sering kali berganti seiring dengan suatu event yang terjadi di dunia.

Sejarah Google Doodle

Selama bertahun-tahun, corat-coretan (doodle) di situs Google telah membuat pencarian di Google lebih menyenangkan dan menarik bagi pengguna di seluruh dunia.Ketika doodle pertama kali diciptakan, tak ada yang mengira bahwa ini akan menjadi hal yang menarik perhatian publik dan sangat populer. Saat ini, banyak pengguna bersemangat mengantisipasi pelepasan setiap doodle baru, bahkan beberapa dari mereka mengumpulkan doodle itu sendiri (saya juga mengkoleksi beberapa lho) !

Doodle dikenal sebagai perubahan dekoratif yang dibuat untuk logo Google untuk merayakan liburan, ulang tahun, dan kehidupan seniman terkenal dan para ilmuwan.Apakah itu adalah awal dari Musim Semi, ulang tahun Albert Einstein, atau ulang tahun ke-50 DNA, tim doodle tidak pernah gagal untuk menemukan cara artistik untuk merayakan peristiwa-peristiwa unik ini.

Mungkin orang akan berpikir, jika logo google sendiri berubah-ubah setiap waktu pasti akan terdengar tidak konsisten, apalagi bagi google yang mungkin adalah suatu "brand" dari browser terbesar di dunia. Tetapi sebenarnya doodle sendiri adalah cara yang menyenangkan terutama bagi perusahaan untuk mengenali peristiwa-peristiwa dan orang-orang penting, tetapi juga menggambarkan kepribadian kreatif dan inovatif dari perusahaan itu sendiri (saya rasa orang tetap mengenal google walaupun logonya kerap kali berubah, dan saya pikir ini adalah hal yang paling kreatif).



Bagaimana ide untuk doodle berasal?

Pada tahun 1998, konsep doodle lahir ketika pendiri Google Larry dan Sergey bermain dengan logo perusahaan untuk menunjukkan kehadiran mereka di festival Burning Man di gurun Nevada. Sebuah gambar tongkat ditempatkan di belakang dua "O" dalam kata, Google dan logo direvisi dimaksudkan sebagai pesan lucu untuk pengguna Google bahwa pendirinya adalah "keluar dari kantor." Sementara doodle pertama adalah relatif sederhana, ide logo perusahaan dekorasi untuk merayakan peristiwa penting itu diterima dengan baik oleh pengguna google.

Setahun kemudian pada tahun 2000, Larry dan Sergey bertanya saat webmaster Dennis Hwang,yang magang pada saat itu, untuk menghasilkan doodle untuk Bastille Day.Senang dengan hasilnya, Dennis kemudian diangkat menjadi kepala doodler Google dan akhirnya doodle pun menjadi kejadian biasa di situs Google. Pada awalnya, doodle cenderung untuk merayakan hari libur sebagian besar terlihat; saat ini, doodle mewakili beragam peristiwa dan peringatan dari Olimpiade Musim Dingin untuk pendaratan Mars Rover dan lainnya.

Seiring waktu, permintaan untuk doodle cepat naik baik di AS dan internasional.Membuat doodle sekarang menjadi tanggung jawab tim desainer khusus. Bagi mereka, doodle menciptakan telah menjadi usaha tim untuk meramaikan situs Google dan membawa senyum untuk segudang pengguna Google di seluruh dunia.


Nah, udah tau kan apaan doodle itu ?? Haha, jadi jangan bingung lagi kalau mbah google suka gonta ganti logonya saat event-event tertentu  :2thumbup

Oia, kalau kalian mau melihat beberapa koleksi Google Doodle yang saya save juga boleh nih, hehehe :malu:

[widgetkit id=1171]

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##