Apa sih Onhook dan Offhook ?

Pernah dengar istilah On Hook atau Off Hook ?? Mungkin bagi mahasiswa jurusan telekomunikasi seperti saya hal ini sering di dengar. Well, dari mana istilah On Hook atau Off Hook berasal ? Saya juga tak tahu pasti, tapi saya baru menyadari ini ketika saya mencari tahu, apa sebenarnya Hook itu.



Hook, mungkin kalau dalam bahasa inggris yang diartikan ke Indonesia artinya kail. Yup, tapi hook dalam telephone adalah hook switch. Hook switch adalah switch yang berfungsi untuk menyambung atau memutuskan device dari jaringan telepon. Sebagai contoh paling gampang adalah ketika kita menggunakan telepon, switch ini akan secara otomatis teraktivasi ketika kita mengangkat gagang telepon ketika mendapat panggilan baru. TAPI (Telephony Application Programming Interface) mendefinisika ada tiga tipe hookswitch untuk telepon : handset, speakerphone dan headset. Setiap device hookswitch memiliki komponen speaker dan microphone dan beroperasi dalam empat mode hookswitch :


  • Onhook : device hookswitch dalam keadaan onhook dan kedua mikrofon dan speaker dalam keadaan disabled.

  • Microphone only  : Kondisi dimana device hookswitch dalam keadaan offhook, mikrofon dalam keadaan aktif dan speaker dalam keadaan mute (tidak bersuara)

  • Speaker only  : kondisi dimana device hookswitch dalam keadaan offhook, mikrofon mute dan speaker aktif.

  • Microphone and speaker : device hookswitch dalam keadaan offhook, kedua mikrofon dan speaker aktif.



Nah, mungkin saya hanya membahas sekian saja. Kesimpulannya adalah :



  • Onhook adalah kondisi dimana hookswitch dalam keadaan aktif, dimana kita asumsikan seperti switch biasa, jika on, maka tombol switch akan tertekan aktif (contoh seperti switch lampu). Nah, dengan kata lain, onhook kondisi dimana gagang telepon masih belum diangkat  :thumbup:

  • Offhook adalah kondisi dimana hookswitch dalam keadaan non aktif (0ff), kebalikan dari Onhook. Kalau kondisi realnya yah saat gagang telepon kita angkat  :army:

  • Masih kurang jelas ?? lihat gambarnya aja langsung yahh



Nah, mungkin sedikit pengetahuan saya ini bisa menjadi pelajaran yang berguna buat teman-teman sekalian yah  :2thumbup :2thumbup

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##