RTP (Real-time Transport Protocol)

Real-time Transport Protocol (RTP) didefinisikan sebagai standarisasi paket untuk mengirimkan audio dan video pada jaringan IP. RTP digunakan untuk komunikasi dan sistem entertain yang termasuk didalamnya streaming media seperti telepony, aplikasi video teleconfrence dan web yang memiliki fitur berbasis push-to-talk.

RTP digunakan sebagai penghubung dengan RTP Control Protocol (RTCP). Ketika RTP membawa media stream (cth : audio dan video), RTCP berfungsi untuk memonitor statistik dari transmisi dan Quality of Service (QoS) dan membantu sinkronisasi multiple stream. Ketika kedua protokol digunakan dalam conjunction, RTP dihasilkan dan diterima pada nomor port genap dan komunikasi RTCP yang menghubungkannya memggunakan nomor port ganjil yang lebih tinggi.

Protokol RTP ini adalah salah satu pondasi penting untuk komunikasi Voice over IP (VoIP) dan pada konteks ini biasa digunakan pada hubungan dengan protokol signaling yang membantu untuk pengaturan koneksi diseluruh jaringan. RTP dikembangkan oleh Audio-Video Transport Working Group dari Internet Engineering Task Force (IETF) dan pertama dipublish di tahun 1996 dikenal dengan RFC 1889, lalu digantikan dengan RFC 3550 di tahun 2003.

RTP digunakan sebagai penghubung dengan protokol lainnya seperti H323 dan RTSP. Pada dasarnya, RTP didefinisikan sebagai pasangan protocol, RTP dan RTCP. RTP digunakan untuk media transfer data multimedia dan RTCP digunakan secara periodik untuk mengirimkan informasi kontrol dan juga parameter QoS.

RTP didesain sebagai end-to-end, realtime, dan transfer stream data. Protokol ini dilengkapi dengan jitter sebagai kompensasi dan sebagai deteksi dari urutan kedatangan dalam data yang biasa ditemukan dalam transmisi di jaringan IP. RTP mendukung transfer data ke beberapa tujuan secara multicast. RTP dianggap sebagai standar utama untuk transportasi audio/video pada jaringan IP dan digunakan profil yang terkait dan format payload.

Aplikasi multimedia real-time streaming memerlukan pengiriman informasi secara tepat waktu dan dapat mentolerir hilangnya beberapa paket (packet loss) untuk mencapai tujuan/destination. Sebagai contoh, kehilangan paket pada aplikasi audio dapat mengakibatkan kehilangan sepersekian detik data audio yang dapat dibuat tidak diketahui dengan suatu algoritma penyembunyian kesalahan yang cocok. Transport Control Protocol (TCP), walaupun suatu standar untuk penggunaan RTP, biasanya tidak digunakan pada aplikasi RTP karena TCP menuntut keandalan atas ketepatan waktu. Alih-alih, mayoritas implementasi RTP dibangun pada User Datagram Protocol (UDP).

Translating by rifkiputra from HERE

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##