Fungsi Firewall

Panas siang hari mengingatkan saya akan tugas saya, Firewall.


Apasih sebenernya firewall ?
Dinding api jika diartikan secara bahasa. Sesuai dengan namanya, jika kita telaah lebih dalam dan kita bayangkan dinding api adalah sebuah dinding yang mungkin sulit atau mungkin tidak mungkin dilewati karena ada barier api yang mengelilinginya, sama seperti bumi dengan atmosfernya, semua benda yang akan memasuki bumi pasti akan terbakar dan walaupun benda itu bisa lolos tetapi mungkin akan terbakar menjadi partikel-partikel yang kecil. Nah, begitu juga firewall, secara analogi bisa kita artikan seperti itu.


Kenapa sih kita perlu firewall ??
Sebenarnya mungkin untuk alasan security atau keamanan sebuah komputer. Biasanya, jika kita mempunyai sebuah server, sebaiknya kita menaruh firewall yang cukup handal di dalamnya. Fungsinya tidak lain adalah melindungi atau sebagai barier api bagi server kita. Secara spesifik apa saja sebenarnya fungsi dari Firewall untuk melindungi server kita?


Karena Firewall menjembatanai jaringan internal kita dengan internet, maka tugas firewall yang menentukan mana paket data yang boleh lewat dan mana yang tidak. Kita bisa membuat peraturan sendiri apa saja yang harus ditolak dan apa saja yang boleh melintas. Perlu diingat disin adalah firewall bukanlah sebuah software, tetapi firewall adalah rule.


 




[caption id="" align="aligncenter" width="611" caption="Pengaplikasian Firewall"][/caption]





Secara umum beberapa fungsi yang bisa dilakukan oleh firewall adalah :
1. Melakukan filter paket
firewal bisa membuat keputusan apakah akan menerima atau menolak paket data yang masuk.


2. Menyembunyikan Alamat Network (NAT)
alamat IP bisa digunakan di internet adalah IP public. Maka untuk membuat client yang menggunakan IP private bisa diterjemhakan ke IP Public. Fungsi inilah yang dilakukan oleh firewall, yang dikenal dengan NAT.


3. Monitoring dan Logging
untuk meningkatakn keamanan jaringan berdasarakan montoring dan logging oleh firewall.



Mungkin secara umum hanya inilah fungsi dari firewall, mungkin jika teman-teman mempunyai tambahan atau hal yang ingin disampaikan bisa memberi tambahan :)


 

Post a Comment

1 Comments

  1. Hallo kita ada juga nih artikel tentang 'Firewall' silahkan kunjungi dan dibaca. Ini linknya;
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4954/1/Presentasi%20PI.pdf
    Thank you.
    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##