Firefox 4 VS Google Chrome

Selamat Pagi !

Wah, penyakit anak kuliahan kembali merebak. Terpikir sesuatu saat saya hendak berseluncur ke dunia maya. Beberapa hari yang lalu, saya baru saja mengupgrade web browser Firefox 3 saya dengan Firefox 4. Terjadi perubahan yang signifikan pada Firefox, mulai dari tampilan hingga space untuk per tab. Tetapi entah kenapa saya masih berat untuk meninggalkan browser default saya yaitu Google Chrome.


Memang ada sedikit keunggulan dan kelemahan dari setiap web browser. Tapi, berhubung saya menggunakan hanya Firefox4 dan Google Chrome sebagai web browser andalan saya, jadi saya hanya membandingkan kedua jenis web browser ini.


Langsung saja kita menuju pertandingan antara kedua web browser ini menurut pandangan saya pribadi.


1. Default Page / New Tab


Terlihat sekali perbedaannya di sektor ini. Jika kita bandingkan, saat membuka new tab atau default page awal saat kita berseluncur di internet, Firefox akan menampilkan halaman kosong yang tidak ada isinya sama sekali, sedangkan Google Chrome terdapat history dari website yang paling sering kita kunjungi. Untuk sektor ini Google Chrome pemenangnya.




[caption id="attachment_729" align="alignnone" width="610" caption="perbandingan newtab"][/caption]

2. Private Browsing Vs Incognito

Selanjutnya adalah sesi private browsing, saat kamu menggunakan Private Browsing di Firefox 4, kamu hanya bisa membuka satu window. Dengan Chrome, anda bisa membuka banyak Incognito window. Bahkan IE bisa membuka banyak InPrivate window-nya. pada sesi ini kembali Google Chrome WIN









[caption id="attachment_732" align="alignnone" width="610" caption="private browsing vs incognito"][/caption]







3. Save Password

Dalam segi security save password mungkin Google Chrome masih kurang begitu baik, karena pada Google Chrome setiap user bisa melihat "save password" dengan sesuka hati, beda dengan firefox, firefox dilengkapi fitur password didalam "save password" maksudnya adalah tidak semua user bisa mengakses password yang tersimpan, hanya pemilik komputerlah yang mengetahui saved password. Jadi dalam sesi ini Firefox pemenangnya.

[caption id="attachment_733" align="alignnone" width="610" caption="Save Password"][/caption]

4. Image Info

Saat membuka gambar di Google Chrome, sulit menemukan informasi dimensi, tanggal pembuatan, ataupun ukuran file dari gambar yang sedang dibuka. Kamu harus membuat Web Inspector untuk mendapatkan informasi tersebut. Itupun hanya dimensi dan ukuran file. Beda halnya dengan Firefox. Firefox dapat memberikan informasi yang cukup banyak. Fitur View Image info ini sudah ada dari Firefox sebelumnya. Firefox WIN.







[caption id="attachment_734" align="alignnone" width="610" caption="Pictures Info"][/caption]

 





5. View Source

Walaupun tidak semua orang menggunakan, tapi saya kadangkali menggunakan fitur view source ini.
Hingga Firefox versi 4, fitur ini pada firefox  belum ada line number. Sedangkan view source di IE8 bahkan sudah ada line number. Dalam sesi ini, Google Chrome kembali menang.

[caption id="attachment_735" align="alignnone" width="610" caption="Perbandingan View Source"][/caption]

6. Bookmark dan Histoty

Tidak ada perubahan di Firefox 4 dengan Firefox 3 dalam hal ini. Tapi jelas Google Chrome kalah. Walaupun saat membuka fitur bookmark dan history firefox membuka windows baru, tapi fitur-fitur yang ditawarkan jauh lebih lengkap. Seperti tag dan group by date di history. Firefox 4 WIN.

7. Pemakaian Memory

Yang terpenting adalah dalam sesi ini. Saat saya bandingkan, memang, Google Chrome terlampau boros dalam pemakaian memory ketimbang firefox. Apalagi jika membuka banyak Tab, terlihat sekali perbedaan mencoloknya. Nah, sebagai contoh saya membuka 4 tab pada firefox dan chrome, lalu bandingkan pemakaian memorynya. Chrome lebih banyak dibandingkan firefox ! Dalam sesi ini firefox lebih irit, jadi firefox4 menang.
Pemakaian Memory (RAM)

 


KESIMPULAN


Sebenarnya kedua browser ini memiliki performa yang baik, oleh karena itu saya tetap memakai keduanya. Tetapi menurut hasil penelusuran microsoft, IE9 lebih baik dibanding keduanya, tetapi sayangnya IE9 hanya bisa berjalan di Win Vista atau 7, bagi saya yang masih setia dengan  XP tidak bisa menggunakannya :D


Jika kamu ingin melihat perbandingan menyeluruh ketiga browser andalan penduduk dunia DISINI

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##