Privacy Social Networking

Privacy atau dalam bahasa Indonesianya kita sebut dengan privasi alias kerahasiaan. Pasti semua orang memiliki rahasianya masing-masing dan kita pasti selalu berusaha menjaga agar privasi kita tetap tarjaga dan tidak diketahui oleh orang lain.

Namun saat ini saya juga sedikit heran mengapa banyak orang yang mengumbar privasinya di jaringan luas yang disebut "internet" seperti yang biasa kita temukan di media jejaring sosial ataupun forum-forum diskusi. Mereka memberikan alamat email dan data lengkap mereka kepada khalayak umum yang nantinya bisa diakses secara bebas. Memang jika kita masih berpikiran awam seperti itu, mungkin alamat email tidak berpengaruh terhadap privasi kita, karena memang mungkin saja kita berpkiran jika alamat email tidak bisa mencerminkan identitas seseorang.

Tetapi, setelah saya mempelajari lebih dalam, ternyata, bahkan seorang "hacker" yang nakal bisa mengambil alih akun Anda dan bisa mengubah data-data Anda hanya dengan mengetahui 1 alamat email saja. Memang banyak orang yang tidak begitu paham bagaimana mereka melakukannya, tetapi saya sendiri sudah pernah mempraktekkannya, bahwa hanya dengan bermodal alamat email kita bisa mengambil akun jejaring sosial milik orang lain dan parahnya jika email itu berhubungan dengan semua akun yang ada, maka semuanya pun akan dapat diambil.

Nah, sebenarnya saran saya disini adalah :
1. Jangan pernah menampilkan/memberikan alamat email atau bahkan alamat kontak yang dapat menghubungkan Anda dengan orang lain, karena jika saja kita memberikannya tanpa ada rasa waspada, itu bisa menjadi bumerang sendiri bagi kita.

2. Dalam jejaring sosial ada baiknya Anda memfilter siapa saja yang menjadi teman Anda, jangan asal meng-add begitu saja, karena bisa saja sang "hacker" menyamar sebagai seseorang yang hanya ingin berteman dengan Anda, padahal mereka ingin melihat data lengkap Anda. Tambahkan teman jejaring sosial yang hanya Anda kenal saja, janga orang lain yang tidak Anda kenal yang tujuannya hanya semata biar terlihat "eksis".

3. Sebisa mungkin buat profil Anda dalam berbagai jejaring sosial terlihat privat/mungkin bisa dilakukan dengan tidak menaruh data lengkap Anda disana.

4. Ingat, dunia maya adalah dunia yang penuh dengan hal-hal yang tak terduga, jangan sampai Anda terjebak di dalamnya, taruh rasa curiga Anda terhadap hal-hal yang memang tidak masuk akal atau mungkin sangat menggiurkan dan sangat mudah didapat, seperti

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##