Penyebab Rasa Lapar Setelah Selesai Makan

:toast

Pernahkah kamu seringkali masih merasa lapar meski baru saja selesai makan? Beberapa makanan memang bisa menanggapi respon tubuh sehingga bahkan tidak terasa kenyang yang akibatnya membuat orang makan lebih banyak. Saya sering mengalami hal seperti ini, biasanya pada siang hari, sehabis makan, kadang timbul rasa kenyang sesaat, lalu kembali lapar lagi. Biasanya, makan atau mengisi perut akan membuat kita merasa kenyang. Tetapi jika makanan yang dimasukkan ke dalam perut tidak benar, maka kamu masih bisa merasa lapar meski baru saja selesai makan.

Lalu, kenapa bisa seperti itu ?? mungkin jawabannya bisa didapat dari artikel yang saya temukan di perfect health. Berikut adalah beberapa penyebab kelaparan yang datang setelah makan:

1. Minum soda terlalu banyak


Soda, es teh (kemasan) dan minuman manis lainnya adalah sumber terbesar sirup jagung tinggi fruktosa (sekitar dua-pertiga dari konsumsi harian).

Penelitian dari University of California di San Francisco menunjukkan fruktosa yang dapat mengecoh otak orang untuk makan lebih banyak, bahkan ketika selesai makan.

Zat ini bekerja dengan menghalangi kemampuan tubuh untuk menggunakan leptin, yaitu 'hormon pemuas' yang menceritakan tubuh saat itu sudah cukup untuk makan, alias penuh.


2. Makan makanan kaleng


Banyak kaleng makanan yang mengandung bahan kimia BPA, atau bisphenol-A, baru-baru ini Food and Drug Administration (FDA) menyatakan bahwa paparan BPA dapat menyebabkan spike abnormal pada leptin, yang menurut para peneliti di Harvard University dapat menyebabkan orang untuk makan meskipunsudah merasa kenyang sehingga menyebabkan obesitas (kegemukan).


3. Tidak ada sarapan atau hanya makan lebih sedikit pada saat sarapan


Penelitian yang dilakukan selama 4 tahun pada 6764 orang sehat menunjukkan bahwa orang yang hanya sarapan 300 kalori dua kali lebih cepat penaikkan berat badannya daripada mereka yang sarapan 500 kalori atau lebih.

Pasalnya, sarapan dengan porsi besar akan membuat gula darah kamu meningkat lebih lambat dan mempertahankan insulin stabil sepanjang hari, sehingga menghindari makan berlebihan atau ngemil.


4. Tidak memakan sayuran


Kebanyakan orang yang merasa lapar setelah makan adalah orang yang tidak makan sayur yang kaya vitamin B folat penting , yang membantu melindungi terhadap depresi, kelelahan dan berat badan.

Sayuran hijau juga tinggi vitamin K, yang merupakan nutrisi lain yang mengatur insulin untuk membantu mencegah kelaparan setelah makan. Sayuran yang banyak mengandung vitamin K antara lain selada, bayam, collard hijau.


5. Dehidrasi


Dehidrasi sering meniru kelaparan. Jika kamu merasa lapar, tetapi  kamu ingin sekali makan cobalah untuk minum banyak air, bisa jadi kamu sebenarnya tidak lapar tetapi kekurangan cairan.

Nah, menurut artikel yang saya baca sih seperti itu, tetapi saya juga belum tahu apakah hal ini adalah benar atau tidak. Untuk itu, marilah kita mencobanya :D

Semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##