Kenapa Suara Pria Berubah Saat Puber ?

Pernahkah kamu mengetahui kenapa suaramu mengeras saat berenjak dewasa ?? Jangan heran, Saat memasuki pubertas, banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh dan perilaku remaja, untuk laki-laki adalah perubahan suara. Apakah kamu tahu mengapa suara pria itu berubah selama pubertas? Saya sendiri kaget saat duduk di kelas 2 SMP, tau-tau suara saya membesar dengan sendirinya, haha, aneh, tapi mau diapakan lagi, kata orang  sih emang sudah bawaannya begitu, tapi sebenarnya ada penjelasannya lebih lengkapnya mengenai hal ini, lihat yuk, dari artikel yang saya dapat dari perfect health :)


Menurut artikel yang saya baca, saat pubertas, tubuh laki-laki mulai memproduksi banyak testosteron, yang menyebabkan perubahan beberapa bagian tubuh, termasuk suara. Sebagai permulaan, laring laki-laki, juga dikenal sebagai kotak suara, tumbuh lebih besar.
Fakta yang ada :

Laring terletak di tenggorokan di bagian atas trakea atau tenggorokan, seperti tabung vakum tinggi sekitar 2 inci (5 cm). Laring bertanggung jawab untuk memproduksi suara.

Ada dua otot-otot yang membentang ke laring, pita suara. Bila kita bernapas, pita suara akan merenggang melawan dinding  laring dan benar-benar terbuka untuk memungkinkan udara masuk dan keluar dari paru-paru.

Ketika kamu berbicara, pita suara berdekatan dengan meregangkan seluruh laring. Udara dari paru-paru dan kemudian dipaksa keluar antara pita suara, menyebabkan itu bergetar dan menghasilkan nada.

Nah, karena laring laki-laki akan tumbuh lebih besar sebagai pubertas, pita suara tumbuh lebih panjang dan tebal. Juga tulang wajah akan mulai tumbuh.

Rongga di dalam sinus, hidung dan bagian belakang tenggorokan juga bertambah besar, menciptakan lebih banyak ruang di wajah yang membuat suara lebih banyak ruang untuk echo.

Semua faktor ini menyebabkan suara pria itu berubah ketika memasuki pubertas.

Suara perubahan pubertas pada laki-laki bisa dijelaskan dengan membayangkan gitar. Ketika sebuah string tipis dipetik, getaran akan menghasilkan nada tinggi. Dan ketika memetik senar tebal, kedengarannya jauh lebih dalam ketika bergetar. Hal ini seperti apa yang terjadi pada suaramu.

Sebelum mengalami pertumbuhan, laring laki-laki relatif kecil dan pita suara relatif tipis. Jadi suara anak kecil akan terdengar tinggi. Tapi seperti tulang, tulang rawan dan pita suara tumbuh, suara itu akan mulai terdengar seperti orang dewasa.

Nah, sekarang sudah tau kan mengenai penjelasan ilmiahnya ?? hehehe, sekarang kamu sudah bisa menjelaskan alasan ini kepada teman atau orang lain yang bertanya kenapa suara lelaki dewasa menjadi besar ?

Semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##