Kebiasaan Baik yang Dapat Berakibat Buruk Bagi Tubuh

:selamat

Hallo semuanya !! Lama juga tidak posting karena kemaren sempat bepergian agak jauh dan melelahkan. Well, barusan saja saya menemukan hal unik dari artikel yang saya baca dari perfect health. Tentang kebiasaan baik yang bisa jadi buruk !! Waw, saya saja baru tahu akan hal ini lho :p

Nah, mungkin kita sudah mengetahui kalau merokok, minum alkohol atau makan junk food telah dikenal sebagai kebiasaan buruk yang dapat merusak tubuh. Tetapi beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa beberapa kebiasaan baik yang sehat juga dapat berakibat buruk bagi tubuh. Apa saja yah kira-kira ?

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang baik yang juga dapat berakibat buruk bagi tubuh:

1. Setiap hari mandi air hangat


Mandi dengan air hangat memang bisa bermanfaat bagi tubuh. Namun, jika hal itu dilakukan setiap kali kamu mandi, bahkan lebih dikombinasikan dengan menggunakan sabun dengan bahan keras, maka itu akan menjadi kebiasaan buruk. Terlalu sering mandi di air hangat dikombinasikan dengan sabun 'keras' untuk mengurangi kandungan minyak di kulit yang dapat menyebabkan kulit kering, pecah-pecah bahkan mudah mengalami infeksi. Nah, mungkin saya kira kalau ingin mandi dengan air hangat janganlah setiap hari, mungkin bisa dilakukan pada hari-hari tertentu saja saat tubuh terasa sangat letih.

2. Bilasan mulut setelah sikat gigi


Hampir semua orang membilas atau berkumur setelah menyikat gigi. Kebiasaan ini sering saja dihiraukan karena tidak dianggap berbahaya. Tapi Dr Phil London Stemmer, seorang dokter gigi dari Fresh Breath Center di London mengklaim bahwa membilas mulut setelah sikat gigi dapat menyapu lapisan pelindung flouride yang ditinggalkan oleh pasta gigi (waah, berarti selama ini kita salah kah? ). Saya mencoba untuk menghindari minum cairan apapun selama setidaknya setengah jam setelah menyikat gigi. Ini adalah sensasi aneh pada awalnya, tetapi kamu akan dapat dengan cepat merasakan khasiat, kata Dr Stemmer. Selain itu, Dr Stemmer menyatakan untuk tidak segera menyikat gigi setelah makan. "Tunggu minimal setengah jam karena asam makanan dan gula sementara dapat melemahkan pelindung pada enamel gigi. Jika kamu membersihkan gigi terlalu cepat, kamu akan menyikat enamel (email) sebelum mengeras lagi, "jelas Dr Stemmer.

3. Menggunakan toilet duduk


Studi yang dipublikasikan oleh para ilmuwan Israel dalam jurnal Pencernaan Penyakit dan Ilmu Pengetahuan menunjukkan bahwa toilet modern (toilet duduk) buruk bagi kesehatan. Menurut para peneliti, adalah lebih baik karena posisi toilet jongkok lebih alami dan membutuhkan lebih sedikit ketegangan pada otot (wah, berarti orang Indonesia kebanyakan sehat yah, hehe). Hal ini pada akhirnya dapat mengurangi resiko gangguan pencernaan seperti wasir dan penyakit divertikular. "Kedua penyakit tersebut menyebabkan sakit pembengkakan di usus," jelas Dr Charles Murray, konsultan gastroenterologi di Royal Free Hospital di London.

4. Menggunakan pembersih ketika membersihkan rumah


Selalu membersihkan rumah adalah kebiasaan yang baik karena membuat tubuh bergerak. Tetapi jika kamu sering menggunakan pembersih untuk pekerjaan rumah, maka kebiasaan ini bisa menjadi kebiasaan buruk. Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan produk pembersih rumah tangga dapat meningkatkan risiko pengembangan asma, menurut data dari Municipal Institute of Medical. Pada studi di Spanyol ditemukan dengan menggunakan semprotan pembersih dan penyegar udara sedikitnya seminggu sekali dapat berkontribusi sebanyak satu dari tujuh kasus asma pada orang dewasa (waaw !! hati2 makanya jika memakai pengharum ruangan berlebih ).

5. Istirahat setelah makan malam


Istirahat setelah aktivitas sehari diperlukan oleh tubuh untuk relaksasi, tetapi jika hal itu dilakukan setelah makan malam, maka bisa berakibat buruk bagi tubuh. "Jika kamu tidak aktif pada siang hari atau malam, saat kamu makan sebelum tidur, tubuhmu lebih cenderung menempatkan makanan sebagai lemak," kata Claire MacEvilly, ahli gizi di Human Nutrition Research Laboratory di Cambridge University.Selain itu, makan sebelum tidur juga dapat menyebabkan refluks esofagus atau esophageal reflux, kembalinya makanan dari lambung ke kerongkongan (tabung yang membawa makanan dari mulut ke perut). Jika kamu langsung tidur setelah makan juga dapat menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak sehingga membuatmu akan merasakan tidak segar ketika bangun di pagi hari.

Nah, bagaimana ? Lumayan mendapat sedikit pengetahuan kan tentang kebiasaan baik yang berakibat buruk ?? Semoga bermanfaat :)

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##