Kontes Robot Indonesia (KRI)

menulis lagi. Sudah lumayan lama vakum karena ada sedikit kegiatan di KRI. KRI ?? apasih KRI ?? pasti teman-teman banyak yang belum tahu kalau belum pernah terjun langsung ke bidangnya, itulah yang terjadi pada saya sekitar 1 semester sebelum sekarang, saya tak tahu apa itu KRI dan saya merasa asing dengan kata ini. Mungkin memang benar, KRI memang hanya sedikit orang saja yang tahu. Terbukti, saya sendiri mengalaminya, saya juga pernah mengamatinya secara langsung, teman-teman sayapun tak tahu apa itu KRI.

Apa sih KRI itu ??
 KRI adalah singkatan dari sebuah kontes bergengsi bagi kalangan mahasiswa yang bergelut di dunia robotik, Kontes Robot Indonesia. 

Apa sih yang dikonteskan dalam KRI ? 
tema dalam kontes KRI tentunya berbeda-beda. Setiap tahun pasti berbeda. KRI sendiri sebenarnya adalah sebuah wadah bagi Universitas-universitas di Indonesia untuk bersaing memperebutkan suatu tiket untuk mewakili Indonesia di ajang Internasional. Karena itu, tema dalam KRI selalu berbeda tiap tahunnya, menyesuaikan dengan negara yang menjadi tuan rumah dalam Kontes Robot Internasional (Robocon). 

Apakah jenis robot yang di konteskan dalam KRI ?
Jenis robot dalam KRI tidak ditentukan sesuai tema. Tetapi, untuk bentuk dan fisik robot adalah sesuai dengan kreatifitas dari masing-masing peserta KRI. Disini Mekanik atau pembangun rangka robot KRI sangat berperan penting dalam hal ini. Karena desain robot yang dibuat mekanik sangat menentukan hasil dalam perlombaan. Selain itu strategi yang digunakanpun sangat menentukan. Satu hal yang mungkin perlu dibedakan dalam robot KRI, biasanya robot yang dilombakan tidak seperti robot-robot yang biasa kita kenal, seperti gundam atau robot-robot berbentuk humanoid. Robot yang dilombakan dalam KRI biasanya dibentuk agar bisa memenuhi kondisi yang diminta.


Sedikit beberapa gambar mengenai perlombaan KRI 





Nah, mungkin itu sedikit penjelasan singkat mengenai Kontes Robot Indonesia atau biasa dikenal dengan KRI. Cuma sharing sedikit pengetahuan yang saya dapat dari Research group yang saya ikuti, mudah-mudahan bermanfaat dan mungkin setelah membaca artikel ini teman-teman jadi tertarik dan menjadi sedikit tahu tentang KRI. Mari kita majukan dunia teknologi Indonesia dengan berinovasi dan berpikir kreatif. 

by rifkiputra

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##