Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI)

Nah, nyambung dari postingan sebelumnya, berhubung sebelumnya membahas KRI, jadi saya sekarang ini membahas sedikit tentang KRCI. Loh, KRCI ?? apaan lagi tuh ?? Kontes Robot juga ? Yup, tepat sekali, KRCI merupakan suatu kontes robot juga yang ada di Indonesia, Kontes Robot Cerdas Indonesia kepanjangannya. Lalu, apa bedanya dengan KRI ? bukannya sama-sama kontes robot juga ?

Tentu beda, KRI dan KRCI memang sama-sama suatu kontes robot berskala nasional, tetapi KRI dan KRCI merupakan dua kontes robot yang independen satu sama lain. Tidak saling berhubungan satu sama lain, tetapi sama-sama kontes robot. Emang apa sih bedanya ? Ok, kalo begitu saya jelaskan sedikit saja tentang apa yang sudah saya dapat selama berkelut dalam dunia robotik, kalo ada salah-salah atau yang tidak sesuai tolong dikoreksi yah :p

Langsung aja, perbedaan KRI dan KRCI tentunya bisa dilihat dan dibedakan langsung.

Apa sih KRCI ?
Sama seperti KRI, KRCI merupakan sebuah singkatan untuk suatu ajang kontes bergengsi bagi kalangan mahasiswa yang bergelut di dunia robotik, Kontes Robot Cerdas  Indonesia. Loh, jadi kalo KRI tidak cerdas begitu ? Bukan seperti itu, tetapi program dan komponen yang ada pada robot KRI tidak serumit pada KRCI.

Apa sih yang dikonteskan dalam KRCI ?
Nah, disini bisa dilihat perbedaan mendasar dari KRI. KRCI merupakan suatu kontes robot cerdas, biasanya dalam KRCI tema yang dilombakan adalah sama, yaitu robot pemadam api (lilin) kategori beroda, robot pemadam api kategori berkaki (biasanya hexapod/kaki enam) serta robot battle (biasanya robot bermain bola). Berbeda kan sama KRI ? kalo KRCI temanya memang dari tahun ke tahun tetap sama, kalo KRI tiap tahun ke tahun berbeda.

Gimana sih bentuk robotnya KRCI ? sama gak yah sama KRI ?
Yang satu ini merupakan perbedaan mendasar lainnya antara KRI dan KRCI. Bentuk robot dalam KRCI sebenarnya cuma dibedakan jadi dua jenis, berkaki dan beroda. Tetapi untuk fungsinya juga cuma dua, pemadam api dan robo battle karena memang tema yang diterapkan pada KRCI selalu sama tiap tahun, jadi hanya ada dua jenis robot secara umum.

Untuk ukuran, secara umum robot yang dilombakan dalam KRCI relatif lebih kecil daripada KRI, dimensinya biasanya kurang dari 50x50 cm, lumayan juga sih kalo segitu, tapi biasanya, robot dalam KRCI dibuat untuk berukuran seminimal mungkin agar bisa bergerak lincah. Nah, kalo kita lihat dari jenis roda/kaki bisa dibedakan dua, yuk lihat sedikit penjelasan dari saya :D

1. Robot beroda
untuk jenis robot beroda yah sudah jelaskan ? sesuai namanya aja beroda, tentunya juga artinya si robot mempunyai roda. Biasanya roda yang digunakan relatif tidak begitu besar, disesuaikan saja dengan si robot.

2. Robot berkaki
Untuk jenis yang ini mungkin lumayan unik dan kelihatan lebih rumit dari yang beroda karena memang sulit jika dilihat dari cara pembuatannya. Robot berkaki biasanya digunakan robot berkaki 6 atau biasa kita sebut hexapod. Biasanya untuk robot jenis ini, memakan biaya yang lebih mahal dibanding jenis lainnya. 




Hmmm... mungkin karena pengetahuan saya yang kurang dalam bidang KRCI, jadi cuma segitu aja kayaknya yang bisa saya jelaskan. Kalo ada kekurangan bisa minta bantuannya untuk dilengkapkan, kalo ada yang salah-salah juga tolong dikoreksi yah, hehehe.

by rifkiputra


Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##