Handphone BM vs Replika

Pusing cari-cari hape baru ??? takut ketepu ??? takut salah beli ?? sok silahken diliat aja trik dan tips yang bakal mengurangi bagian kalo2 kita ketepu ntar...

yuk mari langsung aja 

Hape tentunya udah kayak kacang goreng donk, kita liat aja, dimana-mana pasti rata-rata menggunakan handphone, anak kecil, remaja, orang kerja, kakek-kakek ampir semuanya deh.

Pertama-tama sebelum beli HP tentunya kita harus tau terlebih dahulu tentang jenis2 HandPhone yang beredar luas di indonesia saat ini,ada 3 macem kategori jenis Handphone :
1.Handphone Bergaransi resmi
2.Handphone non-Garansi (ato biasa yang disebut hp BM)
3.Handphone replica




ketiga handphone tersebut memiliki ciri yang berbeda. tapi yang akan  dibahas adalah beda dari handphone BM dengan handphone replica. Kalo mau beli yang asli yah tinggal ke vendor resminya juga pasti ori toh, hehehe :p 


1. Apa itu HP replika ? Apa beda dengan aslinya ?
Pengertian HP Replika adalah HP tiruan yang bentuknya mirip dengan HP aslinya.dan mayoritas diproduksi dari cina.Perbedaan nya adalah pada fitur dan spec nya.
Sebagai Contoh:

- Replika N97. Pada HP N97 asli spec nya HSDPA / Kamera 5MP / Video Call / Memory Internal 32gb / OS symbian S60 V5 . Sedangkan HP replika N97, specnya GPRS / Kamera VGA / No Video Call / Memory internal 200 mb an / Non OS.

- Replika Onyx, Pada Onyx asli specnya adalah 3G, Kamera 3,2 MP / Layanan internet BIS / BBM / Os Blackberry. Sedangkan HP replika Onyx, specnya Kamera VGA / Internet GPRS / tidak ada BBM / Non OS / No 3G.
Jadi Intinya HP replika mempunyai spesifikasi HP yang sangat standar, tapi memiliki bentuk fisik yang sangat mirip dengan aslinya. 




2.Apa bedanya BM dengan Non Garansi?
Semua HP Cina biasanya Non Garansi. Kebanyakan vendor-vendor tidak memberikan garansi yang biasanya di berikan oleh provider seperti Nokia Garansi Nasional selama 1 tahun. Dan untuk produk HP Nokia yang tidak di garansi oleh Nokia sebaliknya di garansi oleh Distributor, sehingga di garansi pula oleh Toko tempat Anda membeli, maka disebut BM.

3.Apakah HP Cina bisa dipakai untuk internet?
Tentu saja bisa. Sebenarnya si creator sudah menyediakan cara dan panduan agar Anda bisa melakukan setting sendiri di HP Anda. Untuk setting wifi bisa Anda tanyakan pada teknisi internet di tempat Anda menjapatkan jaringan Wifi.

4.Apakah Blackberry Cina bisa BBM (Blackberry Messanger)?
Seperti yang sudah diterangkan, tentu saja tidak bisa. HP Cina tidak menyedikan BBM, karena replica Blackberry Cina modelnya sangat banyak dan bervariasi serta berasal dari berbagai pabrikan yang berbeda-beda dengan fungsi yang fitur yang serupa. Kan Blackberry itu ekslusif, hampir sama kayak iPhone juga, hehehe, soalnya yg ngelola langsung dari RIM, jadi yang punya BBM yah cuma BB yah beli dari RIM atau BB yang BM.

5. Jika suatu saat ada kerusakan, saya bisa service dimana ?
jika terjadi kerusakan, maka Anda bisa membawa Handphone tersebut ke tempat service HP dikota Anda. Kalo Hape China sih saya kurang tau, mungkin kalo hape China rusak biasanya orang cenderung ganti yang baru yah ?? maklum harganya sangat terjangkau :p


6. Dari segi harga
Handphone BM biasanya terpaut 20-40% lebih murah dari harga resminya, sedangkan handphone replica terpaut 70-80% lebih murah daripada harga resminya.... Kok gity ?? yah terang aja, kan hape China fiturnya gak sama kayak yang ori, sedangkan hape BM yah sama fiturnya, tapi cara pembeliannya bisa disebut illegal.


Nahm sekarang udah tau dan udah dapet sedikit informasi kan tentang hape-hape yang beredar di kalangan kita ?? jadi tunggu apa lagi ?? silahkan ditentukan mau beli hape yang mana, kalo kata orang-orang gaul zaman sekarang sih : "HARE GENEE GAK PUNYA HAPEE ??"


original post by : rifkiputra

Post a Comment

31 Comments

  1. http://hargahandphone21.blogspot.com/2011/01/handphone-bm.html

    ReplyDelete
  2. ada rekomendasi gan buat beli hp BM buka penipuan??

    ReplyDelete
  3. Wah Bagus theme `na
    tapi Sulit dibaca bos
    coba Huruf `na Merah to apa

    ReplyDelete
  4. numpang nanya Gan. bisa gak kalo hp replika dari cina di jadiin hp yang sebernatnya, maksudnya non replika gitu gan?mohon petunjuk. kalo bisa gmana caranya Gan?ada ide?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir,
      kalo hape replika yah gakbisa dijadiin non replika bro, karena komponennya biasanya beda sama yg ORI, kecuali tuh replika make komponen OEM, jadi mungkin mirip secara hardware, tapi belum tentu mirip secara software, contohnya Operating System yg dipake di tuh HP (udah ada lisensi dari masing2 Vendor)

      Delete
  5. kalo bm bsa bbm an?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mampir,
      untuk HP BM tentunya bisa bbm-an, tapi ingat bedanya HP BM dan Resmi adalah di garansi, jadi ente kemungkinan sulit buat klaim garansi..
      dan kudu hati2 juga kalau-kalau PIN BBnya terblokir, kadang banyak kasus seperti itu dan konsumen kurang pengetahuan dalam hal ini.
      kalau emang mau cari BM cari yang sellernya berani garansi PINnya seumur hidup :D

      Delete
  6. mau nanya nih, kalo iPhone yang BM (bukan china) itu apakah fitur" nya sama dan dapat dipergunakan persis dengan yang resmi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iPhone BM bisa digunakan semua fiturnya, sepanjang dia bukan replika. Dulu saya juga menggunakan iPhone BM yang saya beli dari luar negri. Kalau iPhone mungkin keunggulannya adalah garansi internasional, jadi kemungkinan bisa di klaim di apple store (walau saya belum pernah coba. Tp kalau iPhone BM kan kita gak tau apakah komponennya sudah di otak-atik atau belum, tp kalau masalah fitur bisa digunakan kok (asal bukan replika)

      Delete
    2. kalo untuk samsung note bs dibedain secara fisik g gan brang bm or replika kaya misal cek make kode ap gt or buka casing adalem mesin ad tandanya gt gan
      tolong petunjuk gan

      Delete
    3. Kalau Samsung Gnote saya belum pernah liat yang replika, tapi kalau gaksalah dia beda di tulisan samsungnya agak mepet ke atas, dan biasanya potongan LCDnya agak kurang bagus, Biasanya sih kelihatan mana yang asli dan replika, berbeda dgn S4, yang katanya sangat identik. Kalau Gnote yang replika yah tentunya kurang reponsif dan juga gakada fitur airviewnya yang cuma ada di handset samsung Gnotes 2ke atas. Kalau cek sih paling liat IMEInya aja..

      Delete
  7. maaf gan numpang tanya...
    kalo samsung s4 ada yang BM nya ga???
    kan banyak beredar replika nya cara bedain nya gmn ya gan..?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya konsep BM dan tidak itu harus diketahui dulu gan. BM itu handphone resmi keluaran samsung tapi dia gak beredar di Indonesia dan "TIDAK ADA GARANSI RESMI" hanya garansi dari "SELLER". Contohnya samsung galaxy S4, S4 yang beredar di Indonesia dan bergaransi SEIN hanya S4 yang berseri GT 9500, nah, jangan sampai salah kalau beli. Sedangkan kalau yang BM dia berseri GT 9505. Untuk GT 9500 tentu ada juga yang BM, karena harganya murah, tapi hati2 kalau beli gan, sekarang emang banyak replikanya.

      Bedainnya yah emang agak sulit kalau dilihat dari fisik, karena hampir sama. Tapi biasanya HP replika punya cacat sendiri, contoh Finishing bodynya tidak terlalu smooth, OS Wizardnya Samsung terlihat gak bagus, biasanya LCD dan logo samsung di LCD tidak rapih, layarnya tentu gak sejernih Samsung S4 (super Amoled), dan paling penting gak ada fitur Air Viewnya Samsung. Agan harus study dulu liat yang asli baru berani beli BM, biar gak tipu2.

      Semoga Berguna gan

      Delete
  8. maaf gan mau tanya...
    kalau hp BM sama yang asli dr fitur kamera gmana?kmrn gue tergiur sama galaxy grand dibandrol cm 1,3.katanya sih ORI, trus dpt garansi..itu gmana gan? thx before.

    ReplyDelete
  9. Kalau dari fitur sih kalau BM sama gan, asal bukan replika yah, kalau BM itu biasanya seperti yang udah ane jelasin, BM = Ori, tapi bedanya disini dia gakada garansi resmi dari distributor (samsung, apple,dll) nah, jadi resikonya ditanggung agan kalau tuh produk cacat. Kalau memang seller bilang dapet garansi jangan gampang tergoda gan, liat dulu, yg dikasih seller itu garansi resmi atau garansi seller, nah, kalau garansi seller yah wasallam kalau2 sellernya ilang... Agan harus study dulu sebelum beli barang, sekarang banyak replika yang hampir mirip secara fisik,tapi gagal secara sistem.

    Semoga berguna

    ReplyDelete
  10. gue ada liat tuh masa harga samsung s4 yg ORI dia jual 1 juta200rb doang
    itu wajar ga sih, soalnya kan aneh kalo asli tapi harganya segitu

    ReplyDelete
  11. gimana menurut anda nih
    kan ada tuh yg jual samsung s4 yg katanya asli tapi harganya 1juta200rb
    itu masuk akal ga sih

    ReplyDelete
  12. Terima Kasih sudah mampir mbak ana, maaf saya baru sempat merespon pertanyaan mbak ana. Well, ada pepatah, sesuatu yang murah pasti mencurigakan, entah dia cacad, penipuan dan lain-lain. Analogikan saja dengan makanan mbak Ana (makanan murah biasanya dibuat dari bahan kualitas buruk / sudah kadaluarsa), faktanya adalah kalau ada yang jual S4 dengan harga 1.2 jt, itu berarti bisa jadi modus penipuan atau S4 tersebut adalah replika dari S4 asli. Sebaiknya Anda menghindari pembelian barang tersebut. Ingat, ada harga ada kualitas, untuk handphone / electronic sebaiknya beli lah yang original. Ada beberapa teman saya yang menjual HP original tetapi dia jual lebih murah karena dia mendapatkan dari vendor (HP seperti ini bisa dibilang semi BM, karena garansi resmi SEIN dan juga harga jauh lebih murah dibanding di store). Be smart Buyer, jangan terlalu cepat tergiur harga "murah".

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa teman admin yg jual barang BM original,, saya mau admin,, hubungi saya di 085766534570

      Delete
  13. Gue pngen beli hp iphone yg murah BM jg gpp deh yg pnting bkn replika ada g yg jual gan?

    ReplyDelete
  14. nompang nanya , klo iphone 5s 32 gb , 7 jt menurut agan bm atau replika tu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm.. menurut saya sih masih lumayan rasional gan.. karena basicnya iPhone 5s itu kan 16gb aja skitar 8jtan.. kalau 7jt masih rasional , bisa jadi BM, tp sekarang agak susah jg, karena replikanya mirip banget kecual fitur finger printnya and juga smooth iOSnya yang lancar yg bisa bedain.. Sebaiknya sih agan kalo memang mau beli silahkan gunakan jasa pihak ketiga untuk pembayara, sperti kaspay, piggybank atau black panda di kaskus, sehingga transaksi aman. atau lebih aman lagi kalo agan langsung cek ke TKP alias COD buat memastikan itu handset asli

      Delete
  15. siapa teman admin yg jual barang BM original,, saya mau admin,, hubungi saya di 087739056888.
    pengen punya BB q10 atau q20.
    biar tdk dihina orang mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear M4m,

      Saya tidak punya teman jual barang BM ORI, kalau mau banyak di Ba*am kayaknya, hehe.
      Lagi pula sekarang ini banyak sekali hape replika, hati2 yaa ;)

      Delete
  16. Ternyata memang harus lebih berhati - hati dan selektif dalam membeli dan memilih - milih barang yang akan digunakan ya min. Apa lagi sekarang banyak banget orang yang suka tipu - tipu ke masyarakat awam hmm, jadi ngeri. Juga specnya duh jauh banget. Nice info min, sekarang jadi bisa lebih hati2 kalau mau beli handphone hehe :D

    ReplyDelete
  17. Bang sy mau tny nich. Hr ini sy bru aja ksih dp buat hp bm smsung s6 edge 64gb bng. Sy rencana mau kredit bos. Hrga S6 edge 64gb kn 10jt an. Tp dia ksh hrg utk hp ny 5.5jt..sy lgi nunggu tuh barang dtang. Moga dia gk nipu saya. Tp bang. Sy mau tny. Mnurut abng. Itu harga hp wajar gk sich klo bm. Dn mnurut abng itu bner ori bkn? Kata dia sich ori bergaransi.bner gk sichhh???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Fadil,
      Mohon maaf ya karena saya baru bisa membalas lama (karena kesibukan) dan saya yakin mungkin HPnya sudah ditangan ya ?

      Kalau menurut saya sekarang ini kita harus lebih hati2 sekali terkait dengan HP BM karena banyak sekali replika yang sangat-sangat mirip dari hal fisik dan software, tapi kadang kelancaran dari hardware yang mahal bisa dirasakan bedanya (contoh galaxy edge 6) pastinya kinerjanya cepat sekali dan layarnya jernih serta hasil kameranya sangat baik.

      demikian,

      Delete
  18. Saya mau tanya kira" speak apa yg membuat kita tau mana yang Asli , BM , atau pun REPLIKA , MUNGKIN CONTOH HANDPHONE YAH SAMSUNG , KALAW IOHONE KETAUAN LAH YAH ASLI SAMA TIDAK YA KARNA DIA PAKAI IOS KALO SAMSUNG KAN SAMA TUh PLAY STORE , kira" mas bisa jawab gak ... ?
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih udah mampir,

      Well sebenarnya sy sudah jelaskan pd komen diatas sebelumnya. Sebenarnya utk IPhone sendiri ada replika yg sangat mirip iOs walaupun trnyata android.
      Ponsel replika China sekarang sdh cukup sulit dibedakan, krn Dr segi software pun sdh dibuat mirip karena menggunakan platform yg sama yaitu "android" kalau bahasnya Samsung, Samsung punya customised android sndiri yang biasa kita sebut TouchWiz. Sebenarnya Dr fitur saja kita sdh tau kalau itu Replika, software dasar misalkan Knox (yg ada pada Samsung). Dari segi fisik pun biasanya kita dpt bedakan, krn layar Samsung sangatlah briliant (menggunakan SUPER AMOLED 1-3) jd Dr penampilan layar awal saja kita seharusnya sudah tau itu Replika atau bukan, karena menurut saya dari segi kecerahan Warna pd AMOLED blm ada yg bisa persis menyamai walaupun itu Ponsel kompetitor yg pada dasarnya lebih advanced Dibanding pocin replika.

      Demikian,,
      Thanks

      Delete
    2. Terima kasih udah mampir,

      Well sebenarnya sy sudah jelaskan pd komen diatas sebelumnya. Sebenarnya utk IPhone sendiri ada replika yg sangat mirip iOs walaupun trnyata android.
      Ponsel replika China sekarang sdh cukup sulit dibedakan, krn Dr segi software pun sdh dibuat mirip karena menggunakan platform yg sama yaitu "android" kalau bahasnya Samsung, Samsung punya customised android sndiri yang biasa kita sebut TouchWiz. Sebenarnya Dr fitur saja kita sdh tau kalau itu Replika, software dasar misalkan Knox (yg ada pada Samsung). Dari segi fisik pun biasanya kita dpt bedakan, krn layar Samsung sangatlah briliant (menggunakan SUPER AMOLED 1-3) jd Dr penampilan layar awal saja kita seharusnya sudah tau itu Replika atau bukan, karena menurut saya dari segi kecerahan Warna pd AMOLED blm ada yg bisa persis menyamai walaupun itu Ponsel kompetitor yg pada dasarnya lebih advanced Dibanding pocin replika.

      Demikian,,
      Thanks

      Delete

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##