Apaan sih WC itu ?

Ngomong-ngomong masalah buang air nih, sadar gak sih kalian ?? Kalo di sekolah atau dimanapun, jika ingin buang air, baik kecil atau besar pasti kita bilang gini "saya mau ke WC dulu" . Disini yang perlu diperhatikan adalah kata WC, teman-teman tahu gak sih ? apaan WC itu ? Pasti kita cuma kebawa kebiasaan menyebut WC tanpa tahu apa WC itu sebenarnya, well, langsung aja nih kita ungkap apaan sih WC itu.



WC kepanjangan dari 'Water Closet', asalnya memang dari bahasa asing. Entah Inggris atau Belanda. Di Inggris sendiri saja kata ini tidak sering-sering dipakai, apa karena melafalkannya yang terasa sulit dan rada rancu dan aneh 'double u c'? dan mungkin, ini yang menyebabkan munculnya kata-kata yang baru tergantung dari bahasa suatu negara...kita ambil contoh  di Inggris, disana WC dikatakan 'lavatory' atau 'loo' ; sedang di negera Amerika serikat disebutnya 'restroom'. Beda-beda yah, kalo di Indo ?? Jamban masa ? hehe.


Nah, usut-usut dari sumber yang saya dapet, karena sistem ejaan kita yang mengikuti ejaan Belanda, maka kita melafalkan kata 'WC' dengan 'we se'. Apapun  itu, mau WC pria, wanita atau WC umum.


Selain kata WC, dalam kamus bahasa Indonesia juga mempunyai padanan lainnya untuk menyebut ruangan yang biasa dipakai untuk boker alias buang air besar ini, meskipun sebagian diantaranya jarang dipakai. Misalnya :


kaskus : jarang dipergunakan tetapi ada akronim MCK (mandi, cuci, kakus)
* kamar kecil : ini sempat diprotes oleh Malaysia. Kalau dalam konteks Indonesia, jika orang mendengar kata 'kamar kecil' langsung berpikir kalau itu WC, karena tempat itu memang ukurannya (panjang-lebarnya) lebih kecil ketimbang kamar mandi. Kalau di Malaysia disebutlah 'bilik air' atau 'tandas'.
Toilet : ini juga lumrah dipakai. Kalo menurut pengetahuan yang pernah saya dapat, toilet itu dari bahasa Perancis.

Tapi kadang-kadang kalo ingin ke WC, biasanya terjadi di sekolah atau kampus, kita sering menggunkan istilah "belakang" biasanya pelajar yang ingin pergi ke WC minta izinnya seperti ini : "Permisi, saya mau ke belakang." Aneh memang, tapi memang WC pada zaman dahulu itu letaknya dibelakang rumah, jadi mungkin sekali lagi ini adalah faktor kebiasaan saja, padahal kita tahu kalo WC itu belum tentu letaknya di belakang.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang belum tahu.


by rifkiputra

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##