Apaan sih netcut ?

Well, karena udah janji di postingan sebelumnya untuk membahas netcut, jadi, saya akan membahas sedikit tentang netcut menurut pengertian dan pemahaman langsung dari saya. Mungkin sedikit saja saya akan bahas, karena saya kurang begitu suka membahasnnya, karena memang ini merupakan salah satu program yang cukup jahat untuk digunakan dan untuk diketahui, hehe.



Saya yakin, pastinya gak sedikit yang udah ngerti dan udah tau banged apaan sih netcut itu ? Karena emang udah cukup terkenal kok. Tapi, saya di sini memberikan info ini bagi orang-orang yang belum tahu tentang netcut.



Apasih netcut itu ?

netcut adalah suatu program jahat yang dirancang untung memutus dan menyambungkan kembali koneksi pada suatu jaringan komputer. Contohnya pada jaringan LAN.








Apa yang diserang netcut ?

biasanya netcut memblok paket atau bisa dibilang penyedot bandwith. Netcut menscan IP dan MAC address korban, lalu setelah IP muncul, kita bisa memilih IP mana yang ingin kita putuskan jaringannya. Tapi ada juga yang menyebutkan kalo netcut itu nyerang ARP atau bisa dikatakan ARP Spoofing. Karena pemakaiannya yang begitu mudah, jadi tak perlu penjelasan pun kita langsung mengerti. contoh penampakannya :








Bagaimana mengatasi netcut ?

Sebenarnya ada cara mengatasinya tanpa menggunakan program penangkal. Kita bisa mengganti MAC address kita atau mengubah IP kita menjadi dinamis sehingga akan berubah setiap saat. Lalu, kita bisa menggunakan firewall juga, tetapi, kadang firewall pun bisa ditembus oleh netcut. Solusi lainnya kita bisa menggunakan program penangkalnya, seperti anti-netcut (tidak berpengaruh), anti-ARP dan lain-lain.



Nah, mungkin saya hanya sedikit memberi gambaran saja gimana sih netcut itu. Saya gak mau bahas lebih luas lagi, ntar malah pada penasaran pengen nyoba lagi, hehehe. Kalo misalnya ada penjelasan yang salah tolong dikoreksi yah, soalnya saya nulis cuma sekedar pengetahuan saya saja. Oke, segini aja, mudah-mudahan bermanfaat :)



by rifkiputra

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##