All about iTouch Batteries

Well, nulis lagi dikit, hehehe... sekarang lagi seneng ngebahas tentang iTouch. Sekarang saya bakal ngebahas sedikit tentang batere iTouch, mungkin ini saya lakukan karena kemarin kebetulan ada seorang teman yang bertanya, kalo misalnya iTouch dicolokin mulu dikompi tapi chargingnya udah full bocor gak tuh baterenya ? Well, kemaren emang saya belum bisa menjawab pertanyaan itu, tapi mungkin sekarang karena sudah mendapat sedikit info tentang batere iTouch, jadi saya sedikit share aja.

iTouch Battery
Jadi, di iPod Touch, batere yang dipake itu Lithium-ion batteries. Yang perlu diinget tentang batere lithium-ion yaitu:


Menurut sumber yang saya baca, Lithium merupakan metal paling ringan, jadi lebih banyak nyimpen listrik daripada batere yang pake nikel. Terus menurut sumber, kita bisa ngerecharge batere lithium sesuka hati kita, ga peduli dengan cycle full chare atau cylce full discharge macem di batere yang pake nikel. Kalo batere yang pake nikel, kalo ngechargenya ga full, nanti bakal ada kristal yang mengendap di batere, akibatnya kita ga bisa ngisi full batere kita dengan tenaga listrik, karena ada endapan kristal itu. Makanya si batere berbasis nikel perlu dijaga siklus full charge-dischargenya, supaya performa baterenya maksimal. Beruntunglah iPod Touch ga pake batere nikel. Nah, satu pertanyaan udah kejawab kan ? hehe. 

Charging State


Nih, dari tabel di atas, bisa kita lihat kalo Charging terbagi jadi dua tahap, fast charging (tahap pertama), lalu trickle charging (tahap kedua). Fast charging itu +/- 2 jam, ngisi batere sampe 80%, lalu ganti jadi trickle charging, +/- 2 jam juga, ngisi 20% sisanya sampe penuh. Nah, jadi semaca itulah siklusnya, itu menurut artikel yang saya baca, hehe.

Charge Cycle

Charge cycle ?? apaan lagi nih ? Charge Cycle ini menentukan usia batere. Pengertian dari Charge Cycle itu,
"Dimana suatu ketika seluruh persediaan listrik di batere kita abisin sepenuhnya"

Bingung yah ?? sama gw juga bingung, haha, okelah kalo begitu, kita ilustrasikan aja seperti berikut :


Kita umpamakan kondisi awal batere 100%, lalu kita gunakan hingga 1/2 dari batere (50%), lalu kita charge lagi sampai 100%. Keesokan harinya, kita melakukan hal yang sama. Nah, secara logika kan kita pasti mengira kalo kita udah menggunakan 2 Charge Cycle karena kita udah ngecharge 2x. Tetapi ternyata tidak seperti itu, walau kita udah 2x ngecharge, kenyataannya kita hanya menghabiskan (50%+50%=100%) kapasitas batere dalam 2 hari. Jadi ternyata Charge cycle yang sudah kita habiskan baru 1 charge cyle. Nah, sekarang masih bingung setelah saya jelaskan dengan contoh diatas ? Udah gak pastinya, hehe. Sekarang pertanyaan berubah pasti kan ? Kapasitasnya ntar bisa ngurang gak sih ? Tentu, penurunan kapasitas pasti ada, karena pasti barang elektronik itu punya life cycle. Kemungkinan penurunan mencapai 20%, sehingga hanya mencapai 80% dari kapasitas maksimal, Kalau udah begini penggantian batere diperlukan. 

tambahan sedikit tentang pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan dalam forum :

FAQ

Q: kalo ngecharge belom penuh dicabut ngerusak ga?
A: Enggak. Tapi sebaiknya sih ngecharge sampe penuh aja biar amannya.

Q: kalo sering cabut colok ngurangin performa batere ga?
A: Engga sih, kan udah dibilang, charge cycle ga berdasar seringnya kita ngecharge, tapi dari kapasitas yang kita abisin..

Q: kalo ngecharge dari laptop/komputer males.. jadi mau pake charger ke listrik aja, ada saran?
A: Kalo soal charger listrik mama saranin sih pake punya apple yg ori ato setidaknya 3rd party yang resmi (bukan abal2) macem CapDase misalnya. Soalnya takutnya kalo pake abal2 bisa ngebakar batere, jadi misalnya pas kita ngecharge semaleman, kalo charger asli, pas udah penuh, dia stop ngecharge. tapi kalo yang abal2 engga kadang.. jadi batere kita dialirin listrik terus sampe gosong. Maen aman aja, investasi buat iPod Touch kesayangan kita..

Q: kalo batere udah penuh, bakalan stop ga sih dicharge?
A: sesuai dengan dokumentasi support apple, dengan aksesoris charger yang benar, semestinya batere ketika penuh ga akan dicharge lagi.
"The battery stops charging when it's full, so you don't have to worry if you leave it plugged in overnight (leaving your iPod connected to an electrical source all the time doesn't continuously charge it). Once the battery is charged (the battery icon will stop animating), disconnect your iPod. If you're using your computer to charge iPod, make sure that you disconnect your iPod correctly when it's finished charging."
Q: Batere aku boros banget sih, ada tipsnya ga biar tahan lama?
A: Satu pesen aja biar batere ga cepet tua, KALO LAGI NGECHARGE JANGAN DIMAENIN, sisanya buat ngehemat batere baca dari situs apple aja ya

Q: Perlu ga sih, pas pertama kali beli, batere dicharge semaleman, macem handphone gitu?
A: Ga perlu. Charge aja seperti biasa, ga perlu dicharge overnight 

Nah, mungkin segini aja yah infonya, hehe, maaf nih kalo masih ada yang kurang. Semoga bermanfaat.

by rifkiputra

Post a Comment

0 Comments

##copyrightlink## ##copyrightlink## ##AICP##